BUMDes Mandiri Desa Dalam Kecamatan Alas Tahun 2021 Catatkan Laba 300 Juta

Loading

Alas. didesaku.id Manajemen BUMDes Mandiri Desa Dalam Kecamatan Alas menggelar Laporan Pertanggung Jawaban Tahun Anggaran 2021, pada hari Kamis (3/2/2022) di Aula Kantor Desa Dalam Kecamatan Alas. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Desa, Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, unsur Tim Teknis Manajemen (TTM) Kabupaten Sumbawa, unsur Kecamatan Alas, jajaran manajemen BUMDes Dalam, tokoh masyarakat dan para nasabah BUMDes.

Dalam pembacaan laporannya, Manajer BUMDes Mandiri – Sudirman membacakan bahwa rincian pengelolaan keuangan BUMDes dari tanggal 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021 meliputi modal dari Program Kerabat yang dikelola dari tahun 2017 adalah seratus Sembilan puluh juta rupiah, penyertaan modal dari Dana Desa sebesar seratus juta rupiah, asset sebesar tujuh juta rupiah dan Kas sebesar tiga puluh lima rupiah. Adapun unit usaha BUMDes Dalam adalah dari Simpan Pinjam, pengelolaan Sampah dan Lapak Pasar.

Dari pengelolaan Sampah dan Lapak Pasar dapat menyumbang PADes sebesar dua puluh satu juta rupiah setiap bulannya, dan mampu mencatatakan laba sebesar tiga ratus juta selama tahun 2021. Serta mampu memberikan deviden kepada Pemerintah Desa sebesar enam puluh juta rupiah.

Tim Teknis Manajemen BUMDes Kabupaten Sumbawa Kurniawansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa BUMDes Mandiri merupakan BUMDes yang dibentuk tahun 2017, dan mendapat stimulan modal dari Program KERABAT pada tahun 2017. “Secara kelembagaan BUMDes Mandiri saat ini telah bertransformasi ke generasi ke-2, dan sejak tahun 2020 diberi kepercayaan untuk mengelola sampah dan beberapa lapak di Pasar Alas. Ini adalah pencapaian yang baik bagi manajemen BUMDes Dalam”, ujar Iwan sapaan akrabnya

Melihat prospek ke dapan, Iwan melanjutkan, bahwa Tim Teknis Manajemen BUMDes yang dibentuk oleh Bupati Sumbawa ini akan terus melakukan pendampingan dan upaya-upaya inovatif agar kedepan BUMDes Dalam maupun yang lainnya dapat lebih inovatif, maju dan transparan serta terdigitalisasi dan mampu meningkatkan unit usahanya serta produk-produk unggulannya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Dalam Jamaluddin mengapresiasi kinerja jajaran manajemen BUMDes Mandiri, yang dapat menunjukkan kinerja dengan baik dan berharap agar di tahun 2022 dapat meningkatkan mutu pelayanannya kepada para nasabah serta kolaborasi dengan perbankan sehingga menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Desa Dalam Kecamatan Alas yang lebih mau dan sejahtera. (bon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tenaga Pendamping Profesional Kemendesa PDTT bersilaturrahmi dengan Bupati Sumbawa
Next post YPII dan Pemkab Sumbawa Gelar Pertemuan Pelaksanaan Riset Aksi Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (PSDAT)