Simpan Buah Lebih Lama Tanpa Bahan Kimia, Begini Caranya!

Buah merupakan komoditas yang tidak bisa tahan lama. Karena buah muah busuk, namun penjual butuh usaha ekstra untuk mendistribusikan buah agar bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan yang baik.

Akan tetapi itu bukan jadi hal masalah, karena dinas Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian sudah menerapkan konsep untuk memperpanjang umur simpan buah dan sayur. Melalui  teknologi yang memanfaatkan desain nano zeolit sebagai bahan kemasan buah dan sayur agar lebih tahan lama.

Berdasarkan penelitian, nano zeolit yang digunakan dalam kemasan berhasil memperpanjang umur simpan buah pisang hingga 30 hari, buah salak hingga 40 hari dan cabe merah hingga 30 hari pada suhu 12-14°C.

Bagaimana cara kerjanya nano zeloit ini?

Sebelumnya kita akan menjelaskan terlebih dahulu, peran yang dilakukan oleh Nano zeolit. Di sini nano zeloit bertugas sebagai zat yang menyerap gas etilen. Gas etilen adalah zat yang biasanya dikeluarkan oleh buah dan sayur dalam proses pematangan. Gas etilen ini akan emnyebabkan proses pematangan buah lebih sepat, sehingga akan lebih cepat pula busuknya.

Harga teknologi nano zeloit ini juga terjangkau, kurag lebih 500 ribuan. Kembali pada khasiat zeloit, bahwa dia memang sudah lama diketahui bisa menyerap gas etilen. Nanoteknologi memungkinkan zeolit untuk dibuat dalam bentuk kemasan. Selain itu, dengan nanoteknologi efek penyerapan etilen oleh zeolit menjadi berlipat. Sehingga nano zeolit diyakini lebih efesien dibanding dengan zat penyerap etilen lain yang ada di pasaran saat ini.

Efesiensi nano zeolit ini karena partikel zeolit berbentuk partikel yang berukuran sangat kecil. Ukuran partikel kecil membuat luas permukaan zeolit semakin besar. Sehingga area persentuhan zeolit dengan gas etilen semakin luas yang pada akhirnya bisa menyerap etilen dengan lebih cepat.

Dengan adanya teknologi ini, pihak Balai berharap bisa membantu menurunkan kehilangan (loss) yang diakibatkan oleh pembusukan buah dan sayur saat distribusi. Teknologi ini cukup sederhana dan bisa diproduksi dengan murah. Akan sangat membantu terutama dalam perdagangan antar pulau atau ekspor. Begitulah manfaat dari nano zeolit yang bisa membantu perpanjang simpan buah menjadi lama membusuk, sehingga buah bisa sampai di tangan konsumen dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *